Toyota Yaris GRMN Resmi Meluncur di Jepang – Divisi performa kencang Toyota kian melebarkan sayap. Sebelumnya, diumumkan pada September 2017 lalu, Toyota Yaris GRMN yang kuat karakter sport-nya, resmi diluncurkan di Jepang. Bukan untuk produksi massal, melainkan dijual dengan jumlah terbatas. Hanya 150 unit Yaris GRMN yang bisa dibeli oleh publik negeri Bunga Sakura.

Di Jepang, Toyota Yaris GRMN memakai nama Vitz GRMN. Hot hatch, hatchback performa tinggi itu, punya bekal spesifikasi sama dengan yang sudah dijual di benua Eropa. Mesinnya 4-silinder 1,8 liter dengan supercharger. Output tenaga 212 PS pada 6.800 rpm dan torsi puncak 250 Nm pada 4.800 rpm yang disalurkan melalui transmisi manual 6-speed. Bagian kaki-kaki, Yaris GRMN disokong peredam Sachs dan pelek alloy 17 inci merek BBS. Tersedia juga limited-slip differential Torsen, yang memastikan sebaran tenaga lebih efektif ke permukaan jalan.

Yang jadi pembeda dengan pasar Eropa, urusan body kit. Pada versi Jepang menggunakan intake udara besar di bemper depan, side skirts, serta tampilan buritan yang juga berbeda termasuk lampu belakang, tailgate, bemper belakang dan diffusernya. Sedang di bagian dalam, Yaris GRMN Jepang memakai jok sport, cluster instrument berlabel GR, lingkar kemudi lebih kecil untuk rasa sporty dan kaliper rem depan empat piston.

Selain Yaris/Vitz GRMN, Toyota juga berbarengan meluncurkan 86 GR, Prius c GR Sport dan Prius V GR Sport. Pada 86 GR hanya penyegaran aero kit, pelek 17 inci lansiran Rays, peredam Sachs, jok Recaro, kaliper rem enam piston dan limited-slip differential Torsen. Sedang angka performa masih sama.

Prius c dan v GR Sport juga termasuk penyegaran penampilan. Seperti embel-embel namanya, Prius c dan v itu dijadikan lebih sporty dengan paket pendongkrak penampilan. Bemper depan dan belakang baru, jok sport, cluster instrument berlabel GR, lingkar kemudi dikecilkan, suspensi disesuaikan ulang dan bracing tambahan.

Kalau tertarik, harga Toyota Yaris GRMN 4 juta Yen atau sekitar Rp 488 jutaan dan baru bisa dipesan pada 9 April, melalui situs resmi maupun diler GR Garage di seluruh Jepang. Bagaimana dengan nasib Indonesia? Yaris GRMN pernah digadang-gadang bakal mampir, tapi sampai saat ini rumor itu belum terbukti. Padahal Toyota Yaris GRMN bisa menjadi lawan langsung Honda Civic Type R, sebagai sesama hatchback performa tinggi.

Facebook Comments